Kenapa Anas ''Berterima Kasih'' kepada Abraham?

JAKARTA, TRIBUNEKOMPAS.
By: Bayu.

-Tersangka Anas Urbaningrum mengucapkan ''terima kasih'' pada sejumlah petinggi saat dia ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi, pada Jumat, 10 Januari 2014 lalu. Ucapan Anas itu seakan menyindir KPK, terutama ketua Komisi antirasuah itu Abraham Samad karena berhasil menahan dirinya, sebagai target komisi.

Ada sejumlah pernyataan Abraham yang menuju pada Anas. Pernyataan itu adalah:

** Rumor Samad ingin menangkap Anas, Januari 2012

Pihak KPK sendiri membantah rumor itu. Juru KPK Johan Budi menegaskan isu itu terlalu mengada-ada. "Tidak pernah ada rapat gelar perkara atau ekspose pada hari itu (Senin, 23 Januari). Si pembuat isu sepertinya lupa lihat kalender bahwa saat itu libur," kata Johan. "Pak Abraham masih umrah.

** Abraham percaya Angie melindungi Anas, 15 Februari 2012

Angelina Sondakh saat menjadi saksi sidang Nazaruddin dalam kasus suap Wisma Atlet menyangkal materi pembicaraan Tim Pencari Fakta Fraksi Partai Demokrat di ruang kerja Ketua Fraksi Demokrat Jafar Hafsah di gedung DPR Jakarta pada 11 Mei 2011. Namun, Angie mengakui ada pertemuan itu.

Sedangkan terdakwa korupsi wisma atlet Palembang M Nazaruddin, berulang kali menyatakan Angie pernah mengatakan di depan tim telah menerima uang Rp 9 miliar dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Menurut Nazar, Angie membagi duit ke sejumlah orang. "Pembicaraan itu tidak ada," kata Angie.

Namun menurut Abraham Samad bantahan Angie di persidangan itu dinilai tak cuma untuk melindungi Anas dan kawan-kawan. Walaupun begitu menurut Samad wajar Angie melindungi temannya. "Kalau semua penjahat mengakui kesalahannya, maka penuhlah semua penjara," katanya.

** Samad mengincar istri Anas, 25 April 2012

Abraham Samad terlihat ingin menggiring keterlibatan Anas Urbaningrum di proyek Hambalang melalui keterlibatan istrinya Athiyyah Laila, Setelah mangkir dari pemanggilan pertama Samad langsung bersuara keras. "Penyidik punya kewenangan-kewenangan (tertentu) untuk memanggil yang bersangkutan," kata Abraham. Pemanggilan Athiyyah untuk dimintai keterangan sebagai salah satu pemegang saham PT Dutasari Citralaras. Dutasari sendiri menerima aliran dana dari proyek Hambalang. Abraham berjanji akan menunggu pada pemanggilan kedua. "Terserah penyidik apakah mau menggunakan kewenangannya secara tegas," kata Abraham Samad.

Anas yang sehari kemudian datang mendampingi Athiyyah ke KPK membantah keterlibatan istrinya. Ia membantah tudingan bahwa Athiyyah mengatur kas perusahaan. “Tidak betul (Athiyyah terlibat),” kata Anas saat mendampingi istrinya.